Asas Yuridis: Mengetahui Dasar Hukum yang Mengatur Kehidupan Kita

Hello, Sobat MateriPajak! Artikel kali ini akan membahas mengenai asas yuridis yang mungkin sering kita dengar namun belum sepenuhnya memahaminya. Sebelum kita mulai, mari kita definisikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan asas yuridis.

Pengertian Asas Yuridis

Asas yuridis adalah suatu prinsip atau dasar hukum yang menjadi landasan dalam pembuatan, pengaturan, dan penegakan hukum. Asas yuridis bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi masyarakat serta memastikan bahwa hukum yang diberlakukan adil, jujur, dan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.

Read More

Jenis-jenis Asas Yuridis

Terdapat beberapa jenis asas yuridis yang berlaku di Indonesia, di antaranya:

  • Asas Legalitas, yaitu segala sesuatu yang tidak dilarang oleh hukum, dianggap diperbolehkan.
  • Asas Keadilan, yaitu hukum harus ditegakkan secara adil dan tidak diskriminatif.
  • Asas Kemanfaatan, yaitu hukum harus memberikan manfaat bagi masyarakat.
  • Asas Kebijakan Umum, yaitu hukum harus memperhatikan kepentingan umum.
  • Asas Tata Tertib Hukum, yaitu hukum harus ditegakkan dengan aturan dan mekanisme yang jelas dan teratur.

Peran Asas Yuridis dalam Kehidupan Kita

Asas yuridis memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa adanya asas yuridis, hukum yang diberlakukan tidak akan memiliki landasan yang kuat dan dapat menimbulkan ketidakpastian hukum. Oleh karena itu, pemahaman mengenai asas yuridis sangatlah penting bagi setiap individu dalam masyarakat.

Asas yuridis juga menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan dan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia. Dalam proses pembuatan kebijakan atau peraturan hukum, asas yuridis harus diperhatikan dan dijadikan acuan untuk memastikan bahwa kebijakan atau peraturan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat serta tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.

Baca Juga :  Pasal 31 E: Apa Itu dan Bagaimana Pengaruhnya terhadap Pajak?

Contoh Penerapan Asas Yuridis dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh penerapan asas yuridis dalam kehidupan sehari-hari adalah dalam hal pembuatan perjanjian atau kontrak antara dua pihak. Dalam pembuatan perjanjian atau kontrak, asas legalitas harus diperhatikan agar perjanjian atau kontrak tersebut sah dan tidak melanggar hukum yang berlaku.

Asas keadilan juga dapat diterapkan dalam proses penyelesaian sengketa. Dalam penyelesaian sengketa, kedua belah pihak harus diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan bukti yang dimilikinya agar penyelesaian sengketa dapat dilakukan secara adil.

Kesimpulan

Dalam kehidupan kita sehari-hari, asas yuridis memiliki peran yang sangat penting sebagai dasar hukum yang mengatur kehidupan masyarakat. Pemahaman dan penerapan asas yuridis dapat memberikan kepastian hukum bagi masyarakat serta memastikan bahwa hukum yang diberlakukan adil, jujur, dan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.

Demikianlah artikel mengenai asas yuridis ini, semoga dapat meningkatkan pemahaman Sobat MateriPajak mengenai dasar hukum yang mengatur kehidupan kita. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *