Cara Mencairkan Bansos

Cara Mencairkan Bansos Bulan Oktober Cek Disini

Cara Mencairkan Bansos di dtks. kemensos.go.id dan Syaratnya
Dalam menghadapi pandemi Covid di Indonesia ini, pemerintahan melalui kemensos memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin yang terkena dampak pandemi tersebut. Lalu bagaimanakah cara mencairkan Bansos tersebut ? Cara Mencairkan Bansos di dtks.kemensos.go.id ini bisa Anda gunakan.
Sasaran dari bantuan sosial ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang data dirinya sudah tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Bansos yang diberikan ini sering disebut dengan Bantuan Sosial Tunai (BST). Jika telah mengetahui bahwa Anda masuk dalam daftar, Anda bisa mencari tahu Cara Mencairkan Bansos di dtks.kemensos.go.id.
Cara Cek Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST)

BACA JUGA: CARA CEK BANSOS 2021 DARI PEMERINTAH

Jenis bansos ini termasuk bantuan sosial tunai sebesar Rp 300.000 yang biasanya diberikan selama empat bulan oleh pemerintah. Bantuan ini akan diberikan mulai Januari hingga April 2021, dengan target penerima yaitu 10 juta keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Sehingga untuk total anggaran yang disediakan oleh pihak pemerintahan ini mencapai Rp 12 triliun. Namun tidak semua keluarga menerima bantuan tersebut, cara mencairkan bansos di dtks.kemensos.go.id ini bisa dilakukan jika Anda sudah terdaftar.
Maka dari itu Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan memasukkan data diri melalui laman dari kemensos. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa langkah-langkah dibawah ini:

  • Kunjungi laman dari kemensos yaitu dtks.kemensos.go.id
  • Pilihlah kartu identitas yang akan Anda gunakan, bisa dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) baik dari KK maupun KTP.
  • Kemudian masukkan nomor ID yang Anda pilih dan sesuaikan dengan data asli, misalnya Anda memilih menggunakan KTP, maka sesuaikan data diri Anda.
  • Masukkan juga Nama lengkap sesuai dengan ID
  • Selanjutnya tulis dua kata dalam kotak captcha dan klik tombol “Cari”
  • Maka, secara otomatis akan memunculkan status maupun keterangan apakah ID Anda sudah terdaftar atau belum pada laman DTKS.
Baca Juga :  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Membuka Lowongan Kerja Tingkat SLTA

BACA JUGA: Bansos Ibu Hamil dan Balita

Cara Mencairkan Bantuan Sosial Tunai (BST)
Setelah mengetahui mengenai status dan keterangan dari data diri Anda dan mendapatkan hasil bahwa Anda terdaftar, maka Anda bisa mencairkan dana bansos tersebut. Cara mencairkan bansos ini bisa Anda lakukan dengan mengurusnya melalui Ketua RT setempat dengan membawa surat undangan ataupun melalui kantor pos terdekat.
Biasanya undangan yang akan Anda dapatkan tersebut terdapat sebuah barcode yang berisikan informasi mengenai data penerima bansos tunai sebesar Rp 300.000 tersebut. Selain itu, Anda juga wajib membawa data pendukung seperti KTP maupun KK.
Cara mencairkan bansos di dtks.kemensos.go.id ini memang memudahkan dalam dalam proses penerimaan bansos. Setelah barcode pada undangan di scan, Anda akan langsung menerima Rp 300.000 melalui kantor pos. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan melihat jadwal pencairan dana bansos yang tersedia pada kantor pos. Dana bansos yang akan diterima juga tidak terdapat potongan apapun, sehingga Anda bisa mendapatkannya secara penuh.

Check Also

PT Indomarco Prismatama atau Indomaret - adalah jaringan retail waralaba

PT INDOMARCO PRISMATAMA (INDOMARET) Lowongan Kerja Lulusan SMA

PT Indomarco Prismatama atau Indomaret – adalah jaringan retail waralaba di Indonesia yang mulai beroperasi …