Ketahui Tentang Bansos Ibu Hamil dan Balita

Bansos Ibu Hamil dan Balita

Yuk, Ketahui Tentang Bansos Ibu Hamil dan Balita
Bansos atau bantuan sosial bukanlah menjadi suatu hal asing untuk Anda bukan? Apalagi di tengah pandemi yang membuat kondisi ekonomi semakin sulit, bansos sedang marak digalakkan untuk dibagikan kepada yang memang berhak mendapatkannya. Bansos kemudian semakin memiliki banyak celah dan kesempatan untuk didapatkan, yang mana salah satunya adalah bansos ibu hamil dan balita.
Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai bansos ibu hamil dan balita, kali ini Saya ingin membahas mengenai hal – hal terkait dengan kategori bansos tersebut. Penasaran? Simak informasinya berikut ini ya!

BACA JUGA: Cara Mencairkan Bansos di dtks.kemensos.go.id

Bansos Ibu Hamil dan Balita
Bansos khusus ibu hamil dan balita memang sudah dipersiapkan oleh kementerian sosial. Hal ini memang menjadi fokus baru yang mana dilakukan tujuan untuk mencegah generasi stunting akibat krisis ekonomi dan keluar dari masalah ekonomi akibat adanya pandemi yang tak kunjung selesai.
Pemberian bansos ini dilakukan dengan besar nominal mulai dari 900 ribu rupiah sampai dengan 3 juta rupiah. Target dana kemensos ini pun sekitar 10 juta keluarga yang mana diharapkan pemberian bantuan sosial ini akan tepat sasaran.
Di tahun 2021 ini, bansos khusus ibu hamil dan balita rencanya akan dibagikan 4 kali dalam setahun, yakni pada bulan Januari, April, Juli, dan juga Oktober. Nantinya, dana bansos akan disalurkan melalui beberapa rekening negara seperti BNI, BRI, Mandiri, dan BTNM.
Syarat Pengajuan Bantuan Sosial
Nah, untuk Anda yang memenuhi segala ketentuan penerimaan bansos ibu hamil dan balita, bisa melakukan pengajuan untuk mendapatkan dana bantuan sosial tersebut. Nah, beberapa syarat dan alur diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Warga mendaftarkan diri ke pihak desa/kelurahan dengan dilengkapi KK dan KTP
  • Pihak desa/kelurahan akan melakukan kajian apakah para pendaftar layak untuk mendapatkan bansos.
  • Hasil musyawarah akan disampaikan kepada dinas sosial agar nantinya dapat diverifikasi dan divalidasi datanya, hingga nantinya akan menghasilkan kegiatan kunjungan rumah tangga.
  • Data yang sudah diverifikasi akan di masukkan ke dalam aplikasi sistem kesejahteraan sosial oleh para operator kecamatan
  • File dikirim ke pihak dinas sosial agara bisa dilakukan import data hasil verifikasi ke pihak aplikasi SIKS online.
  • Hasil verifikasi kemudian akan dilaporkan ke pihak bupati atau walikota.
  • Bupati atau walikota akan menyampaikan hasil yang telah disahkan ke gurbernur yang nantinya akan diteruskan ke pihak meneteri
  • Proses impor data disampaikan dan diunggah juga surat pengesahan yang sudah ditandatangani pihak bupati atau walikota.
  • Data para penerima nantinya bisa diakses di laman dtks kemensos yang mana Anda hanya perlu memasukkan nomor NIK Anda dan secara otomatis data Anda akan keluar jika Anda menerima.

Check Also

PT Indomarco Prismatama atau Indomaret - adalah jaringan retail waralaba

PT INDOMARCO PRISMATAMA (INDOMARET) Lowongan Kerja Lulusan SMA

PT Indomarco Prismatama atau Indomaret – adalah jaringan retail waralaba di Indonesia yang mulai beroperasi …