Contoh PNBP yang Bisa Menjadi Sumber Pendapatan Negara

Contoh PNBP yang Bisa Menjadi Sumber Pendapatan Negara

Pengertian PNBP

Hello Sobat MateriPajak, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh PNBP yang bisa menjadi sumber pendapatan negara. Sebelum itu, kita harus memahami terlebih dahulu tentang PNBP. PNBP merupakan singkatan dari Penerimaan Negara Bukan Pajak. PNBP adalah penerimaan negara yang bersumber dari kegiatan ekonomi dan bukan dari pajak. PNBP adalah salah satu sumber pendapatan negara yang sangat penting dan menjadi salah satu penopang APBN.

Contoh PNBP

Berikut adalah contoh PNBP yang bisa menjadi sumber pendapatan negara dan dijamin akan membuat kamu terkejut:1. Hasil dari penjualan barang milik negara seperti tanah, gedung, dan aset lainnya.2. Pendapatan dari perusahaan-perusahaan milik negara seperti PT Pertamina, PT Telkom, dan PT PLN.3. Pendapatan dari pengelolaan kekayaan negara yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).4. Pendapatan dari pengelolaan Jalan Tol dan Jalan Raya.5. Pendapatan dari pelayanan kesehatan dan pendidikan.6. Pendapatan dari pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP dan Paspor.7. Pendapatan dari pelayanan perizinan seperti SIUP dan TDP.8. Pendapatan dari pengelolaan lahan pertanian dan perkebunan.9. Pendapatan dari pengelolaan kehutanan dan pariwisata.10. Pendapatan dari pelayanan keamanan dan kepolisian.

Read More

Manfaat PNBP

PNBP memiliki manfaat yang sangat besar bagi negara. Berikut ini adalah manfaat PNBP:1. PNBP dapat meningkatkan pendapatan negara.2. PNBP dapat membantu negara dalam membiayai kegiatan pembangunan.3. PNBP dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik.4. PNBP dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.5. PNBP dapat membantu negara dalam mengurangi defisit APBN.

Baca Juga :  Contoh Surat SKP dan Cara membuat formatnya

Dari contoh PNBP yang sudah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa PNBP adalah sumber pendapatan negara yang sangat penting. PNBP dapat memberikan banyak manfaat bagi negara dan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah harus terus memperkuat PNBP dan memaksimalkan penerimaan negara dari PNBP.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *