Sejarah Pemungutan Pajak di Indonesia

Hello Sobat MateriPajak, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sejarah pemungutan pajak di Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus memahami sejarah pemungutan pajak di Indonesia karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk membiayai berbagai kegiatan pembangunan.

Pra-Kemerdekaan

Pada masa pra-kemerdekaan, pemungutan pajak di Indonesia sudah ada. Pemerintah kolonial Belanda telah memberlakukan pajak tanah dan pajak kepemilikan sebagai sumber utama pendapatan. Selain itu, pajak juga dikenakan pada kegiatan perdagangan dan produksi.

Read More

Meskipun pemungutan pajak sudah ada, namun masih banyak warga yang tidak membayar pajak karena tidak mampu atau tidak mau. Hal ini membuat pemerintah kolonial memperketat pengawasan dan memberlakukan sanksi bagi yang tidak membayar pajak.

Masa Kemerdekaan

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia juga tidak luput dari pemungutan pajak. Pada awal kemerdekaan, pajak dikenakan pada kegiatan perdagangan dan produksi. Namun, seiring dengan perkembangan ekonomi dan keuangan negara, jenis pajak semakin banyak.

Pada tahun 1983, pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Undang-undang ini menjadi dasar hukum dalam pemungutan pajak di Indonesia hingga saat ini.

Jenis Pajak

Di Indonesia, jenis pajak yang dikenakan cukup banyak. Beberapa jenis pajak yang umum dikenakan antara lain :

1. Pajak Penghasilan (PPh)

2. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

3. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

4. Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)

5. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Baca Juga :  Rekomendasi OECD Fiscal Committee Menyangkut “CONDUIT COMPANIES”

Tantangan dalam Pemungutan Pajak

Meskipun pemungutan pajak sudah ada sejak zaman kolonial, namun masih banyak tantangan dalam memungut pajak di Indonesia. Beberapa tantangan tersebut antara lain :

1. Sulitnya mengumpulkan data wajib pajak

2. Tingginya tingkat pengemplangan pajak

3. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak

Kesimpulan

Pemungutan pajak di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial. Pemerintah Indonesia juga tidak luput dari pemungutan pajak setelah merdeka. Seiring dengan perkembangan ekonomi dan keuangan, jenis pajak semakin banyak. Meskipun begitu, masih banyak tantangan dalam memungut pajak di Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, mari kita patuh membayar pajak untuk membiayai pembangunan negara.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *