Sejarah Perkembangan Pajak di Indonesia

Pengenalan

Hello Sobat MateriPajak! Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang sejarah perkembangan pajak di Indonesia. Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang sangat penting bagi keberlangsungan pemerintahan dan pembangunan di Indonesia. Seiring dengan waktu, pajak di Indonesia mengalami banyak perubahan dan perkembangan yang menarik untuk kita pelajari. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Masa Kolonial Belanda (1602-1942)

Pada masa kolonial Belanda, pajak dikenakan pada masyarakat pribumi dan dikenal dengan istilah \”verponding\” atau \”pajak kepala\”. Pajak tersebut dikenakan pada setiap kepala keluarga untuk membiayai kepentingan kolonial Belanda. Selain itu, pajak juga dikenakan pada perdagangan dan pertambangan yang dioperasikan oleh perusahaan Belanda.

Read More

Masa Kemerdekaan (1945-1966)

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, pemerintah Indonesia mulai mengambil alih pengelolaan pajak dari pemerintah Belanda. Pada masa ini, pajak dikenakan pada pribumi dan non-pribumi dengan tarif yang sama. Pajak yang dikenakan antara lain pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan pajak bumi dan bangunan.

Masa Orde Lama (1966-1998)

Pada masa Orde Lama, pemerintah Indonesia mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan penerimaan pajak. Pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai diberlakukan secara luas, sedangkan pajak bumi dan bangunan diberlakukan hanya pada wilayah perkotaan. Selain itu, pada masa ini juga dikenal adanya pajak yang sangat kontroversial, yaitu pajak keberuntungan.

Masa Reformasi (1998-Sekarang)

Setelah era Orde Baru berakhir pada tahun 1998, pemerintah Indonesia mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki sistem perpajakan. Pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai masih menjadi sumber utama penerimaan pajak, sedangkan pajak bumi dan bangunan diperluas cakupannya. Pada masa ini, juga dikenal program tax amnesty yang bertujuan untuk meningkatkan penerimaan pajak.

Baca Juga :  Objek PPh Pasal 24: Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui?

Kesimpulan

Dari sejarah perkembangan pajak di Indonesia, kita dapat melihat bahwa pajak memainkan peran yang sangat penting bagi keberlangsungan pemerintahan dan pembangunan di Indonesia. Pajak telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan seiring dengan waktu, dan pemerintah terus berupaya untuk memperbaiki sistem perpajakan agar lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, kita harus memenuhi kewajiban membayar pajak dengan tepat waktu dan benar. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *