pemasok Apple dan Tesla menangguhkan produksi di China

Beberapa pemasok Apple dan Tesla menangguhkan produksi di China di tengah krisis listrik

Beberapa pemasok Apple Inc dan Tesla Inc. menangguhkan produksi di beberapa pabrik China selama beberapa hari untuk mematuhi kebijakan energi yang lebih ketat, yang mengancam rantai pasokan musim tinggi untuk barang elektronik.

Namun, dua pembuat chip utama Taiwan mengatakan pabrik China mereka beroperasi seperti biasa.

Menurut analis, perkembangan ini terkait dengan terbatasnya pasokan batubara di China dan pengetatan standar emisi, yang menyebabkan penurunan industri berat di beberapa wilayah, yang memperlambat pertumbuhan ekonomi negara itu.
Pemasok Apple Unimicron Technology Corp mengatakan Minggu malam bahwa tiga anak perusahaannya di China telah menghentikan produksi dari siang hari pada 26 September hingga tengah malam pada 30 September untuk “mematuhi kebijakan pembatasan listrik pemerintah daerah.”

Pembuat PCB Taiwan mengatakan tidak mengharapkan dampak yang signifikan karena produksi akan datang dari pabrik lain.

Epson Precision Ind Co Ltd, anak perusahaan dari Taiwan Hon Hai Precision Industry Co Ltd (Foxconn), mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menangguhkan produksi Minggu hingga Jumat di pabrik-pabrik di Kunshan, Cina.

Concraft Holding Co Ltd, pemasok komponen speaker untuk iPhone Apple dan memiliki fasilitas manufaktur di Suzhou, mengatakan akan menangguhkan produksi selama lima hari hingga Kamis sore dan menggunakan stok untuk memenuhi permintaan.

Pembuat chip United Microelectronics Corp (UMC) dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tidak memiliki eksposur ke fasilitas mereka di China.

“Pabrik Suzhou UMC Hejian saat ini beroperasi dengan kapasitas penuh – lebih dari 80.000 wafer per bulan,” kata sebuah perusahaan Taiwan yang memiliki Qualcomm Inc. sebagai pelanggan.

Dua orang yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Reuters bahwa fasilitas manufaktur kontrak pabrikan Foxconn di Kunshan memiliki dampak “sangat kecil” pada produksi.

Baca Juga :  Download Aplikasi live nonton bola piala dunia 2022

Foxconn harus “menyesuaikan” sebagian kecil dari kapasitas produksinya, termasuk membuat laptop pihak ketiga, salah satu sumber mengatakan, menambahkan bahwa perusahaan tidak berdampak pada pusat manufaktur besar lainnya di seluruh China.

Orang kedua mengatakan bahwa perusahaan harus menjadwal ulang beberapa pekerjanya di Kunshan dari akhir September hingga awal Oktober.