Cara Cek Bansos 2021 dari Pemerintah

Cara Cek Banpres 2021 dari Pemerintah

Salah satu program dari pemerintahan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat yang tidak mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Kementerian Sosial (Kemensos) juga sudah menganggarkan bantuan sosial tersebut, bahkan sebanyak 94,67 persen dari anggaran tahun 2022. Lalu apakah Anda sudah melakukan cek bansos 2021?
Bantuan PKH dan BPNT
Sebelum mencari tahu cara cek bansos 2021. kenalilah bahwa Program dari Kemensos sendiri terdiri dari dua bantuan yaitu PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). Program bantuan PKH ini ini biasanya dilakukan melalui empat tahap dan biasanya berlangsung selama 3 bulan sekali.

BACA JUGA: Cara Mencairkan Bansos Dari Pemerintah

Program PKH ini dilaksanakan pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober, kemudian akan disalurkan melalui sebuah himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Dimana terdiri dari Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).
Sasaran bantuan PKH ini lebih diperuntukkan bagi keluarga kurang mampu dan sudah tercatat pada DTKS Kemensos. Selain itu bantuan ini juga diberikan kepada anak-anak SD sebesar RP 900.000, kemudian juga untuk ibu hamil dan anak-anak dengan usia 0-6 tahun sebesar Rp 3.000.000.
Berbeda dengan PKH yang dilaksanakan 3 bulan sekali, bantuan BPNT ini dilakukan setiap bulannya baik dari Januari hingga Desember. Cara penyalurannya juga dilakukan melalui Himbara dan beberapa agen yang sudah diamanahkan.
Sasaran dari bantuan BPNT adalah KPM atau Keluarga Penerima Manfaat dan sudah dianggarkan sebanyak RP 45,12 triliun. Target dari BPNT yaitu 18,8 juta KPM, dengan indeks bantuan yang ditetapkan sebanyak Rp 200.000/ bulannya untuk satu KPM.
Cara Cek Bansos 2021
Untuk dapat mengetahui apakah Anda menerima bansos yang telah disediakan oleh pemerintahan, dapat menggunakan cara cek bansos 2021 berikut ini:
• Silahkan kunjungi laman dari Kemensos yang sudah disediakan yaitu cekbansos.kemensos.go.id
• Apabila sudah terbuka, terdapat kolom yang digunakan untuk mengisi data diri Anda seperti desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten maupun provinsi.
• Kemudian masukkan nama Anda atau penerima bantuan tersebut sesuai dengan data diri pada KTP.
• Langkah selanjutnya yaitu masukkan 8 huruf ke dalam kode captcha, apabila kode tidak jelas bisa dilakukan refresh dengan menekan ikon refresh.
• Lalu pilih “Cari Data” untuk mengecek apakah data diri Anda tercantum dalam bansos yang disediakan pemerintah.
• Maka sistem pada web tersebut akan secara otomatis mencari nama Anda sesuai dengan alamat atau wilayah yang diisikan.
• Setelah menunggu hingga beberapa saat, data hasil pencarian akan muncul, mulai dari nama penerima, jenis bantuan yang diterima, umur. Selain itu, juga akan diberikan informasi mengenai status, keterangan dan periode.
Setelah melakukan cek bansos 2021 dan Anda belum terdaftar padahal masuk kedalam kriteria penerima bansos. Maka Anda bisa melaporkan dan mendaftarkan diri melalui desa/ kelurahan, RT/ RW maupun dinas sosial.

Check Also

PT Indomarco Prismatama atau Indomaret - adalah jaringan retail waralaba

PT INDOMARCO PRISMATAMA (INDOMARET) Lowongan Kerja Lulusan SMA

PT Indomarco Prismatama atau Indomaret – adalah jaringan retail waralaba di Indonesia yang mulai beroperasi …