Mengenal Aplikasi PeduliLindungi Sertifikat Vaksin

PeduliLindungi Sertifikat Vaksin

Mengenal Aplikasi PeduliLindungi Sertifikat Vaksin
Sebagai salah satu upaya untuk dapat beradaptasi dengan kehidupan baru di era pandemi ini, sudah banyak negara yang mewajibkan vaksin bagi setiap penduduknya tak terkecuali di Indonesia. Vaksin ini diberikan sebagai salah satu cara untuk membangun pembentukan kekebalan tubuh atau imunitas terhadap penyakit dan juga untuk mencegah terjadinya penularan COVID19. Untuk mendaftar vaksin dan melihat bukti telah vaksin bisa lewat PeduliLindungi sertifikat vaksin.

BACA JUGA: Cara Daftar Online Vaksin

Apa Itu PeduliLindungi?
Bagi warga masyarakat yang telah melakukan vaksinasi covid 19 mungkin sudah familiar dengan aplikasi satu ini. Ini adalah aplikasi yang wajib diunduh karena PeduliLindungi sertifikat vaksin berfungsi untuk memudahkan instansi pemerintahan dalam melakukan tracing agar dapat mengetahui lokasi pengguna untuk menghentikan penyebaran COVID19.
Lewat aplikasi ini, pemerintah akan mengetahui lokasi bepergian pengguna agar penelusuran kontak dapat dilakukan. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan notifikasi apabila sedang berada di keramaian atau berada di zona merah.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang Dana

Selain sebagai media untuk pelacakan serta penelusuran kontak, aplikasi PeduliLindungi ini juga memungkinkan pengguna mengecek sekaligus mengunduh sertifikat vaksin agar dapat menjadi tanda bukti sudah melakukan vaksin.
Sampai saat ini sudah ada empat jenis vaksin yang masuk ke Indonesia, yaitu Sinovac, AstraZanecca, Moderna, dan Pfizer. Periode pemberian vaksinnya pun juga berbeda-beda sehingga penduduk tidak bisa memilih ingin vaksin yang mana, yang penting sudah melakukan vaksin.

Cara Daftar Vaksin di PeduliLindungi
Walaupun aplikasi ini dapat diakses lewat website, namun untuk memudahkan ada baiknya jika mengunduhnya terlebih dulu di store ponsel, baik PlayStore ataupun AppStore. Jika aplikasi sudah ada di ponsel, maka bisa langsung ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Baca Juga :  Cara Cek Banpres 2021 dari Pemerintah

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang Tercepat

  1. Jika sudah punya akun dan sudah registrasi, bisa langsung pilih menu ‘Pendaftaran Vaksin’ yang ada di pojok kiri bawah pada menu beranda.
  2. Lalu isi data diri yang berisi NIK dan juga nama lengkap sesuai KTP.
  3. Selanjutnya klik kotak ‘Selanjutnya’ untuk beralih ke tahap berikutnya.
  4. Lakukan konfirmasi detail mengenai penerima vaksin.
  5. Masukkan kode verifikasi yang didapat, dan pendaftaran vaksin pun selesai!

Cara Cek Sertifikat Vaksin
Setelah berhasil mendapatkan vaksin akan diberikan kartu vaksin, namun untuk bepergian ke luar kota dan ke mall akan dicek PeduliLindungi sertifikat vaksinnya. Inilah langkah simpel untuk cek sertifikat vaksin melalui aplikasi:

Baca Juga: Aplikasi Trading Terbaik Untuk Pemula

  1. Jika sudah log in akun, pilih menu ‘Sertifikat Vaksin’.
  2. Kemudian nanti akan muncul sertifikat vaksin dari vaksin dosis pertama ataupun kedua. Namun biasanya proses mendapatkan sertifikat memakan waktu cukup lama, akan lebih baik jika cek saat seminggu setelah vaksin.
  3. Apabila sertifikat vaksin sudah muncul, bisa langsung klik ‘Unduh Sertifikat’ untuk menyimpannya di ponsel.

Check Also

pinjaman online terdaftar ojk

Pilihan Pinjaman Online Terdaftar OJK Dengan Bunga Rendah

Jika Anda sedang mencari pinjaman online OJK bunga rendah, maka Anda perlu dengan cermat memilih …