Apple Employee

Uni Eropa Memukul Apple Dengan Hutang Pajak Sebesar $14.6

Irlandia harus memulihkan hingga 13 miliar euro ($ 14,6 miliar) dari Apple dalam bentuk pajak yang belum dibayar.

Keputusan pajak adalah yang terbesar yang pernah dikeluarkan oleh Uni Eropa pada satu perusahaan, dan itu bisa memicu skandal transatlantik besar atas perlakuan Eropa terhadap AS. perusahaan.

Saham Apple pertama kali turun hampir 3%, tetapi kemudian memulihkan sebagian besar kerugian mereka. Perusahaan sedang mengajukan banding atas keputusan ini. Dikatakan keputusan itu telah mengubah sistem pajak internasional dan akan merugikan pekerjaan dan investasi di Eropa.

Komisi Eropa, yang menegakkan hukum UE, mengatakan pemerintah Irlandia memberi Apple bantuan negara ilegal (AAPL, Tech30), membantu raksasa teknologi itu secara artifisial menurunkan pajaknya selama lebih dari 20 tahun.

Apple menanggapi permintaan UE untuk membayar pajak Irlandia sebesar 14,6 miliar dolar.
“Negara-negara anggota [UE] tidak dapat memberikan keringanan pajak kepada masing-masing perusahaan – ini ilegal menurut aturan bantuan negara UE,” kata Komisaris Margrethe Vestager, seorang pejabat senior hukum persaingan Eropa.

Amerika Serikat segera menanggapi dengan menyatakan bahwa penilaian pajak retroaktif UE tidak adil.

“Tindakan Komisi dapat membahayakan investasi asing, iklim bisnis di Eropa, dan semangat penting kemitraan ekonomi AS. dan UE,” kata perwakilan Kementerian Keuangan.

Solusinya bermuara pada “mentransfer hasil dari A.S. pembayar pajak di UE,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Earnest. Pemerintahan Obama akan berjuang untuk “pembayar pajak Amerika dan bisnis Amerika di luar negeri ketika mereka diperlakukan tidak adil,” tambahnya.

Terkait: Bagaimana Apple membayar pajak hanya 0,005% atas keuntungan globalnya

Apple membayar pajak dengan tarif 1% atau kurang atas laba yang dapat diatribusikan kepada anak perusahaannya di Irlandia, jauh di bawah tarif pajak perusahaan teratas sebesar 35% di AS dan 12,5% di Irlandia.

Baca Juga :  Jatuh Tempo Setor PPN Masa Pajak Maret 2022 Mundur di Karenakan Cuti Bersama.

Hal ini menimbulkan keluhan baik dari Eropa maupun Amerika. anggota parlemen yang berpendapat bahwa Apple menerima keuntungan yang tidak adil dalam pertukaran untuk penciptaan lapangan kerja di Irlandia. CEO Tim Cook bahkan dipanggil untuk bersaksi tentang perjanjian pajak Apple dengan Irlandia di hadapan komite Senat pada 2013.

Akun kredit pajak ditambah bunga mencakup periode dari tahun 2003 hingga 2014. Apple memiliki lebih dari $ 231 miliar tunai di neraca untuk melunakkan pukulan.

Cook mengatakan pada hari Selasa bahwa keputusan itu “tidak memiliki dasar faktual atau hukum,” menyebutnya “penargetan yang jelas dari Apple.”

Dia menambahkan bahwa Apple telah membantu menciptakan dan mempertahankan lebih dari 1,5 juta pekerjaan di seluruh Eropa, mematuhi hukum dan membayar semua pajak yang terutang.

“Komisi Eropa telah berusaha untuk menulis ulang sejarah Apple di Eropa, untuk mengabaikan undang-undang pajak Irlandia dan dalam proses untuk membatalkan sistem pajak internasional,” tulisnya.

Irlandia mengatakan akan mengajukan banding atas keputusan tersebut, dengan mengatakan bahwa Apple telah membayar jumlah yang harus dibayar. Negara ini memiliki salah satu tarif pajak perusahaan terendah di Eropa, menjadikannya lokasi yang menarik bagi perusahaan internasional.

Pemerintah Irlandia khawatir bahwa perusahaan akan lebih kecil kemungkinannya untuk berinvestasi di Irlandia jika rezim pajaknya berubah, yang dapat membuat negara kehilangan ribuan pekerjaan.

Terkait: AS memperingatkan UE: Jangan pukul Apple dengan tagihan pajak yang besar

Apple bukan satu-satunya perusahaan AS yang menjadi sorotan baru-baru ini karena urusan pajaknya di Eropa.

Oktober lalu, Komisi Eropa memerintahkan Starbucks dan Fiat Chrysler untuk membayar jutaan pajak.

Starbucks (SBUX) akan membayar kembali penghematan hingga €30 juta dari kesepakatan pajak yang menguntungkan dengan Belanda. Fiat Chrysler (FCAM) ​​diperintahkan untuk membayar jumlah yang sama menyusul kesepakatan serupa dengan Luksemburg.

Baca Juga :  Cara Mencairkan Dana Bansos... Cek Disini

Kedua perusahaan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Terkait: Prancis akan ‘sepenuhnya’ mengumpulkan pajak dari Google dan McDonald’s

Uni Eropa juga menjajaki mekanisme pajak untuk Amazon (AMZN, Tech30) dan McDonald’s (MCD). Google (GOOGL, Tech30) sedang dalam penyelidikan pajak di Prancis dan beberapa negara Eropa lainnya.

Putusan terhadap kesepakatan pajak Apple datang meskipun ada peringatan keras dari AS. Departemen Keuangan pekan lalu mengatakan akan mempertimbangkan “kemungkinan tanggapan” jika Komisi tidak mengubah arah.

Kamar Dagang mengatakan keputusan UE “memberikan persepsi bahwa Komisi secara tidak adil menargetkan perusahaan di AS “.

“Dikombinasikan dengan penyelidikan antimonopoli yang sedang berlangsung ke beberapa produsen AS, perusahaan teknologi dan penyedia layanan, keputusan ini menimbulkan pertanyaan baru yang penting tentang daya tarik Eropa sebagai

Check Also

Dewan Perwakilan Rakyat

DPR Menyetujui RUU Tax Amnesty (Pengampunan) Pajak

JAKARTA: Indonesia meluncurkan program pengampunan pajak di mana pemerintah, yang menghadapi defisit anggaran, berharap dapat …