Tukang cukur dan penata rambut

Tukang Cukur dan Penata Rambut

SELAMA pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang merindukan tukang cukur/hairstylistnya. Belum pernah situasi ini terjadi.

Semua orang menganggap tukang cukur begitu saja. Kapan pun Anda ingin potong rambut, ada tempat pangkas rambut di sekitar sudut. Anda tidak perlu membuat janji dan tidak perlu terburu-buru.

Mereka selalu ada di sana menunggu Anda. Ketika tiba-tiba semua barbershop tutup, Anda benar-benar merasa ada yang kurang. Tukang cukur dan penata rambut menyediakan layanan potong rambut, tata rambut, dan berbagai layanan kecantikan lainnya.

Apa yang mereka lakukan?

Tergantung pada lokasi, ukuran operasi, dan layanan yang mereka tawarkan, biasanya mereka menawarkan layanan berikut:-

  • Periksa dan analisis rambut, kulit, dan kulit kepala untuk merekomendasikan perawatan
  • Diskusikan pilihan gaya rambut
  • Mencuci, mewarnai, mencerahkan, dan mengkondisikan rambut
  • Mengubah tekstur rambut secara kimiawi
  • Potong, keringkan, dan tata rambut
  • Terima pembayaran dari klien
  • Bersihkan dan disinfeksi semua alat dan area kerja

Tukang cukur dan penata rambut menyediakan layanan rambut dan kecantikan untuk menyempurnakan penampilan klien. Mereka yang mengoperasikan barbershop atau salon mereka sendiri memiliki tugas manajerial yang mungkin termasuk mempekerjakan, mengawasi, dan memecat pekerja, serta menyimpan catatan bisnis dan inventaris, memesan persediaan, dan mengatur iklan.

Ada banyak bisnis waralaba yang menjamur di seluruh tanah air. Karena para pemuda setempat tidak mau terjun ke perdagangan ini, semakin banyak orang asing yang dipekerjakan.

Tukang Cukur

Tukang cukur memotong, memangkas, keramas, dan menata rambut, kebanyakan untuk klien pria. Mereka juga mungkin cocok dengan potongan rambut, melakukan perawatan wajah, dan menawarkan pencukuran wajah.

Bergantung pada keadaan tempat mereka bekerja, beberapa tukang cukur dilatih untuk mewarnai, memutihkan, dan menonjolkan rambut dan menawarkan layanan gelombang permanen. Alat umum termasuk sisir, gunting, pisau cukur lurus, dan gunting.

Baca Juga :  Anda Ingin Berkarir di Medis..?

Penata Rambut

Penata rambut menawarkan berbagai layanan rambut, seperti keramas, memotong, mewarnai, dan menata rambut. Mereka sering menasihati klien, baik pria maupun wanita, tentang cara merawat rambut mereka di rumah.

Penata rambut juga menyimpan catatan produk dan layanan yang diberikan kepada klien, seperti warna rambut, sampo, kondisioner, dan perawatan rambut yang digunakan. Alat termasuk sikat rambut, gunting, pengering rambut, dan pengeriting rambut dan setrika datar.

Lingkungan kerja

Tukang cukur biasanya bekerja di barbershop dan harus berdiri dalam waktu yang lama. Banyak tukang cukur yang bekerja sendiri. Beberapa bekerja di salon perawatan pribadi. Beberapa bekerja di spa, hotel, atau resor. Beberapa ruang stan sewa dari pemilik salon. Beberapa mengelola salon atau membuka toko sendiri setelah beberapa tahun pengalaman.

Tukang cukur dan penata rambut biasanya bekerja di lingkungan yang menyenangkan dengan pencahayaan yang baik. Stamina fisik penting karena mereka siap untuk sebagian besar giliran kerja mereka. Paparan yang terlalu lama terhadap beberapa bahan kimia dapat menyebabkan iritasi kulit, sehingga mereka sering memakai pakaian pelindung, seperti sarung tangan sekali pakai atau celemek.

Jadwal kerja

Banyak tukang cukur dan penata rambut bekerja penuh waktu; Namun, posisi paruh waktu juga umum. Mereka yang menjalankan barbershop atau salon mereka sendiri mungkin memiliki hari kerja yang panjang.

Jadwal kerja sering kali mencakup malam hari dan akhir pekan – saat-saat ketika barbershop dan salon kecantikan paling sibuk. Mereka yang berwiraswasta biasanya menentukan jadwalnya sendiri.

Kualitas apa yang dibutuhkan?

Kreativitas

Tukang cukur dan penata rambut harus mengikuti tren terbaru dan siap untuk mencoba gaya rambut baru untuk klien mereka.
Keterampilan layanan pelanggan.

Baca Juga :  Bagaimana Perkembangan karier di bidang kue Sekarang..?

Pekerja harus menyenangkan, ramah, dan mampu berinteraksi dengan pelanggan untuk mempertahankan klien.

Keterampilan mendengarkan.

Tukang cukur dan penata rambut harus menjadi pendengar yang baik. Mereka harus mendengarkan dengan cermat apa yang diinginkan klien untuk memastikan bahwa klien puas dengan hasilnya.
Stamina fisik.

Tukang cukur dan penata rambut harus bisa berdiri untuk waktu yang lama.

Kerapian.

Pekerja harus menjaga penampilan pribadi yang rapi dan menjaga area kerja mereka tetap bersih dan sehat. Persyaratan ini diperlukan untuk kesehatan dan keselamatan klien mereka dan untuk membuat klien cukup nyaman sehingga mereka ingin kembali.
Keterampilan manajemen waktu.

Tukang cukur dan penata rambut perlu mengatur waktu mereka secara efisien saat menjadwalkan janji temu dan memberikan layanan. Misalnya, potong rambut rutin tidak memerlukan waktu yang tepat dari beberapa layanan lain, seperti menerapkan penetral setelah gelombang permanen. Klien yang menerima perawatan rambut tepat waktu lebih mungkin untuk kembali.

Originally posted 2021-09-27 14:04:27.

Check Also

Apkah Anda Ingin berkarir di Medis

Anda Ingin Berkarir di Medis..?

Dalam keadaan darurat seperti kecelakaan, kebakaran, bencana alam, banjir, gempa bumi atau kejutan mendadak, kami …