Pro dan kontra memulai bisnis di Malaysia

Pro dan kontra memulai bisnis di Malaysia

Seringkali tampaknya investor lebih memilih Singapura daripada Malaysia. Mereka percaya bahwa Singapura jauh lebih nyaman untuk berbisnis dan melihat negara itu sebagai pusat perdagangan Asia Tenggara, tetapi tahukah Anda bahwa Malaysia dapat menawarkan Anda perspektif yang sama atau bahkan lebih, pada saat yang sama bisa jauh lebih baik. ekonomis dalam hal proses pendaftaran bisnis?

Meskipun ada beberapa kelemahan dalam berbisnis dengan kemudahan ini, ada kekurangan di Singapura dan di tempat lain di dunia. Tentu saja, masalah seperti itu jauh lebih serius dan bahkan diminimalkan jika Anda bertindak dengan hati-hati di Malaysia. Untuk menetapkan sudut pandang ini, artikel ini menyoroti keuntungan dan kemungkinan kerugian berbisnis di Malaysia.

Baca Juga: Aplikasi Edit Video Tiktok Tanpa Watermark Terbaru

Kelebihan memulai bisnis di Malaysia

Proses pendaftaran perusahaan yang nyaman
Proses pendaftaran perusahaan di Malaysia jauh lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan negara tetangga lainnya. Bahkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proses pendaftaran perusahaan cukup singkat, sekitar 5 sampai 7 hari. Layanan formulir elektronik dan respons cepat dari pihak berwenang selama proses pendaftaran membuat tugas pendaftaran menjadi nyaman dan menghemat waktu.

Bahasa Inggris digunakan dan dipahami secara luas

Manfaat luar biasa bagi investor asing adalah bahasa Inggris banyak digunakan untuk percakapan atau korespondensi resmi. Kebanyakan orang cukup berpendidikan untuk memahami bahasa yang diakui secara internasional ini. Dengan demikian, Anda tidak perlu berbicara bahasa lokal atau menggunakan jasa juru bahasa saat membuka usaha di Malaysia.

Infrastruktur yang mapan

Begitu sampai di Malaysia, Anda akan dipuaskan dengan infrastruktur negara yang sudah mapan. Jalan dan sistem transportasi dalam kondisi baik. Bangunan perusahaan dan infrastruktur sosial lainnya dipelihara dengan standar yang tinggi. Infrastruktur siap pakai ini diapresiasi dan disukai banyak pengusaha dan investor asing.

Baca Juga :  Persyaratan hukum untuk melakukan bisnis dengan sukses di Afrika Selatan

Baca Juga: Aplikasi Trading Terbaik Untuk Pemula

Kehidupan sosial yang lebih baik

Malaysia dapat menawarkan ekspatriat dan pengusaha lokal kehidupan sosial yang lebih baik. Aspek khusus ini penting ketika Anda berpikir untuk berinvestasi di Malaysia. Situasi menjadi lebih dapat diterima karena Malaysia menawarkan kondisi kehidupan yang sesuai; lebih disukai di bidang kebugaran iklim, perawatan kelas dunia dan kondisi yang lebih baik untuk kehidupan sehari-hari.

Alternatif yang lebih murah untuk investasi bisnis

Malaysia jauh lebih murah dalam hal biaya pendaftaran bisnis dibandingkan dengan negara tetangga lainnya seperti Singapura. Alternatif yang lebih murah ini tidak membuat negara menjadi kurang penting atau kurang produktif untuk berbisnis. Namun, harga yang nyaman untuk mendaftarkan bisnis jelas merupakan keuntungan besar bagi investor korporat di Malaysia.

Kontra memulai bisnis di Malaysia

Tarif pajak perusahaan relatif tinggi.
Tarif pajak penghasilan badan di Malaysia sedikit tinggi. Ini sekitar 24% dan, sayangnya, ini adalah salah satu tarif pajak tertinggi di Asia.

Mendapatkan visa bisnis seringkali melelahkan
Anda bisa terjebak dalam lingkaran antara membuka rekening bank dan mendapatkan visa bisnis. Karena Anda tidak bisa begitu saja membuka rekening bank jika Anda adalah orang asing di negara ini sampai Anda menerima izin visa bisnis yang sesuai. Di sisi lain, kedutaan akan sering meminta konfirmasi setoran bank atas nama perusahaan Anda untuk menyetujui visa bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Aplikasi Selfie Makeup Editor & Makeover Cam

Korupsi dan birokrasi

Saat memulai bisnis di Malaysia, Anda mungkin menghadapi kendala yang tidak terduga. Karena korupsi dan birokrasi dapat muncul dalam skenario, ini dapat menyebabkan Anda mengalami masalah sementara saat menjalankan perusahaan Anda. Namun, beberapa pengukuran awal harus dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan tersebut.

Baca Juga :  Bagaimana cara mendaftarkan bisnis di Jerman?

Diferensiasi ras dan budaya

Beberapa mungkin mengalami bentrokan ras atau budaya saat bekerja di negara ini. Meskipun ada relatif sedikit keluhan tidak menyenangkan seperti itu, mereka memang ada. Malaysia tampak ketat dan terkadang ortodoks dalam hal kepercayaan agama, kebiasaan sosial dan budayanya. Prakteknya sangat bervariasi dari satu provinsi ke provinsi lainnya.

Setiap negara di dunia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam memulai bisnis. Malaysia tidak ada bedanya. Tetapi Anda dapat dengan mudah mengatasi kelemahan yang disebutkan di atas dengan berkonsultasi dengan perusahaan konsultan yang berpengalaman. Perusahaan konsultan S&F, agen konsultan bisnis terkenal, menawarkan semua solusi. Para ahli dan konsultan bisnis berpengalaman akan memandu Anda melalui jalan yang mulus untuk mendirikan bisnis Anda di sini di Malaysia